Selasa, 02 Juni 2015

Morfologi Tumbuhan (Bunga)

                          BAGIAN-BAGIAN BUNGA II





Kelamin Bunga
Bunga biasanya mempunyai duamacam alat kelamin, dan justru alat-alat itulah yang sesungguhnya merupakan bagian bunga yang terpenting, karena dengan adanya alat-alat tersebut dapat kemudian dihasilkan alat-alat perkembangbiakkan atau calon tumbuhan baru.

Berdasarkan alat-alat kelamin yang terdapat pada masing-masing bunga, dibedakan menjadi :
aBunga banci atau berkelamin dua (hermaproditus), yaitu bunga yang padanya terdapat benang sari (alat kelamin jantan) maupun putik (alat kelamin betina). Bunga ini seringkali dinamakan bunga sempurna atau bunga lengkap, karena biasanya pun jelas mempunyai hiasan bunga yang terdiri dari kelopak dan mahkota, misalnya bunga terung (Solanum melongena).
a
  b.Bunga berkelamin tunggal (unisexualis), Jika pada bunga hanya terdapat salah satudari kedua macam alat kelaminnya. Berdasarkan alat kelamin yang ada padanya dapat dibedakan :
- Bunga jantan (flos masculus), jika pada bunga hanya terdapat benang sari tanpa putik, misalnya bunga jagung yang terdapat di bagian atas tumbuhan.

                                                    

- Bunga betina (flos femineus), yaitu bunga yang tidak mempunyai benang sari, melainkan hanya putik saja, misalnya bunga jagung yang tersusun dalam tongkolnya.

                                                    

c.   Bunga mandul atau tidak berkelamin, jika pada bunga tidak terdapat baik benang sari maupun putik , misalnya bunga matahari (Helianthuns annuus).

                                                         
Bertalian dengan kelamin bunga yang terdapat pada suatu tumbuhan, dibedakan lagi tumbuhan yang :

  1. Berumah satu (monoecus), yaitu tumbuhan yang mempunyai bunga jantan dan bunga betina pada satu individu (satu batang tumbuhan), misalnya pada bunga jagung (Zea mays).
                                                    
   b. Berumah dua (dioecus), jika bunga jantan dan bunga betina terpisah tempatnya,                artinya ada individu yang hanya mendukung bunga jantan saja dan ada individu yang            hanya mendukung bunga betina saja, mis. Salak (Zalacca edulis).
                                                         
  c. poligam (polygamus), jika pada satu tumbuhan terdapat bunga jantan, bunga betina,         dan bunga banci bersama-sama, misalnya pada Papaya (Carica papaya)

                                                  

Letak bunga pada tumbuhan yang dianggap bersifat poligam :
  1. Gynodioecus, jika pada individu terdapat bunga betina saja.
  2. Androdoecus, jika pada individu yang satu hanya terdapat bunga jantan saja, sedang pada yang lain terdapat bunga banci
  3. Monoeco-poliyamus, jika pada satu individu terdapat bunga-bunga jantan, betina, dan banci bersama-sama.
  4. Gynomonoecus,jika pada satu individu terdapat bunga betina dan bunga banci bersama-sama.
  5. Trioecus ,yaitu jika bunga jantan, bunga betina, dan bunga banci masing-masing terdapat terpisahpada individu yang berlainan
A.         BENANG SARI (STAMEN)
Benang sari (stamen) adalah alat kelamin jantan sebagai alat perkembangbiakan bunga atau fertil yang terdiri atas kepala sari (anthera), serbuk sari (polen), tangkai sari (filament) dan penunjang kepala sari. Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan. 


Benang sari memiliki 3 bagian, yaitu :
    1. Tangkai sari (filamentum); yaitu bagian yang berbentuk benang dengan penampang          melintang yang umumnya berbentuk bulat
    2. Kepala sari (anthera); di dalamnya biasanya memiliki 2 ruang sari (theca) dan masing-        masing ruang sari memiliki 2 ruangan kecil (loculus) dan didalam loculus inilah terdapat        serbuk sari atau tepung sari (pollen).
    3. Penghubung ruang sari (connectivum); merupakan bagian penghubung tangkai sari            dengan kepala sari.

Mengenai duduknya benang sari dibedakan 3 macam yaitu:
Duduknya Benang Sari


  1. Benang sari jelas duduk pada dasar bunga. misalnya jeruk (Citrus sp.
                                         
    2. Benang sari tampak seperti duduk diatas kelopak. misalnya mawar (Rosa hybrida                 Hort)
                                          
   3. Benang sari tampak duduk di atas tajuk bunga. misalnya buntut tikus (Heliotropium            indicum L.
                                         
Mengenai jumlah benang sari pada bunga umumnya dibedakan menjadi 3 yaitu:
  1. Benang sari banyak, yaitu jika dalam satu bunga terdapat lebih dari 20 benang sari seperti terdapat pada jambu-jambuan. Misalnya jambu biji (Psidium guajava L.)
                                        
     2. Jumlah benang sari 2x  jumlah daun tajuknya;  benang sari  biasanya tersusun 2              lingkaran, lingkaran luar dan dalam.  Berdasarkan duduknya terhadap daun tajuk                  dibagi lagi atas :
               1.    diplostemon;  benang-benang sari pada lingkaran luar duduk berseling                               dengan  daun-daun tajuk, contoh kembang merak (Caesalpinia pulcherrima                        Swartz.) 
                                         
               2.   obdiplostemon;  benang-benang sari pada lingkaran dalam duduknya                                 berseling dengan daun-daun tajuknya., contohnya bunga geranium                                     (Pelargonium odoratissimum Hort.) 

                                       
       3.   Benang sari sama banyak dengan daun tajuk atau kurang, dalam hal ini                        duduknya benang sari dapat :
               x Episepal (episepalus), artinya berhadapan dengan daun-daun kelopak, berseling                pula  dengan daun-daun tajuk
 x Epipetal (epipetalus), artinya berhadapan dengan daun-daun tajuk dan berseling dengan daun-daun kelopak
Benang sari pada satu bunga dapat tidak sama panjang. Berhubungan dengan panjang          pendeknya benang sari yang terdapat pada satu bunga itu dapat dibedakan:
           1. Benang sari panjang dua (didynamus), jika dalam satu bunga terdapat                             misalnya 4 benang sari  dan dari 4 benang sari itu , yang 2 panjang dan yang lainnya             pendek. Benang sari tersebut terdapat pada tumbuhan suku Labiatae. Misalnya                   kemangi (Ocimum basilicum L.)

                                      
   2Benang sari panjang empat (tetradynamus), jika dalam satu bunga terdapat 6  benang sari dan dari 6 benang sari itu yang 4 panjang dan sisanya pendek, misalnya  terdapat pada bunga lobak (Raphanus sativus L.

                               

B.         TANGKAI SARI (Filamentum)
        Melihat jumlahnya berkas yang merupakan  perlekatan benang-benang sari tadi, dapat         dibedakan :
  1. Benang sari berberkas satu atau benang sari bertukal satu  (monadelphus) yaitu jika semua tangkai sari pada satu bunga berlekatan menjadi satu  merupakan suatu berkas yang tengahnya berongga dan hanya bagian ujung tangkai sari yang mendukung kepala sari saja yang masih bebas satu sama lain, misalnya pada bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis).
                                    

    2. Benang sari berberkas dua atau benang sari bertukal dua (diadelphus), jika                   benang sari terbagi menjadi 2 kelompok dengan tangkai yang berlekatan dalam                   masing-masing kelompok, misalnya pada tumbuhan berbunga kupu-kupu                             (Papilionaceae). 

                                     
                                 
   3.Benang sari berberkas banyak atau benang sari bertukal banyak, Misalnya pada             bunga kapuk (Ceiba pentandra Gaertn.) yang dalam 1 bunga terdapat 5 berkas benang       sari dengan tangkai-tangkainya yang berlekatan didalam masing-masing berkas. 

                                    

C.         KEPALA SARI (Anthera)
Kepala sari adalah bagian benang sari yang terdapat pada ujung tangkai sari, merupakan suatu badan yang bentuknya bermacam-macam: bulat, jorong, bulat telur, dll. Di dalamnya terdapat 2 ruang sari (theca), tetapi dapat pula hanya satu atau lebih 2 ruang. Satu ruang sari biasanya terdiri atas dua kantong sari (loculumentum). Ruang sari merupakan tempat terbentuknya serbuk sari atau tepung sari (pollen).
Duduk kepala sari pada tangkainya dapat bermacam-macam:
  Ò  Tegak (innatus atau basifixus), yaitu jika kepala sari dengan tangkainya memperlihatkan batas yang jelas dan kepala sari bersambungan pada pangkalnya dengan tangkai sari dan sambungan ini tidak memberikan kemungkinan gerak bagi kepala sarinya.
  Ò  Menempel (adnatus), jika tangkai sari pada ujungnya beralih menjadi penghubung ruang sari atau kepala sari sepanjang penghubung ruang sarinya menempel pada ujung tangkai sari.
  Ò  Bergoyang (versatilis), jika kepala sari melekat pada suatu titik pada ujung tangkai sari, sehingga kepala sari dapat digerak-gerakkan atau bergoyang.
   Agar serbuk sari keluar dari ruang sari , kepala sari dapat membuka dengan jalan yang berbeda-beda misalnya:

                                         
g    
           1. Dengan celah membujur, yang menjadi jalan keluarnya serbuk sari dapat 
  • Menghadap ke dalam (introrsum), seperti terdapat pada tumbuhan yang tergolong     pada suku Compositae, misalnya bunga matahari, dll
  • Menghadap ke samping (lateraliter), misalnya pada Begonia
  • Menghadap keluar (extrorsum), misalnya pada bunga semprit
    2.Dengan celah yang melintang, seperti pada beberapa tumbuhan suku                              Euphorbiaceae.
3.Dengan sebuah liang pada ujung atau pangkal kepala sari, seperti terdapat pada   kentang (Solanum tuberosum L.)
4.Dengan kelep atau katup-katup (valvis dehiscens) misalnya pada keningar (Cinnamomum zeylanicum Breyn).

D.         PUTIK (Pistilum)
Putik merupakan alat kelamin betina yang salah satu bagiannya mengandung sel telur.
kepala sari, seperti terdapat pada kentang (Solanum tuberosum L.)



 Menurut banyaknya daun buah yang menyusun sebuah putik, dapat dibedakan menjadi:
1. Putik tunggal (simplex), yaitu jika putik hanya tersusun atas sehelai daun buah                     saja.
2. Putik majemuk (compositus), yaitu jika putik terdiri dari dua daun buah atau                       lebih, contohnya pada tumbuhan kapas.
Pada putik dapat dibedakan bagian-bagiannya yaitu:
Ò  Bakal buah (ovarium), yaitu bagian putik yang lazimnya kelihatan membesar dan duduk pada dasar bunga.
Ò  Tangkai kepala putik (stylus), bagian putik yang sempit dan terdapat diatas bakal buah, biasanya berbentuk benang.
Ò  Kepala putik (stigma), ialah putik yang paling atas, terletak pada ujung tangkai kepala putik.

E.         TANGKAI KEPALA PUTIK (Stylus)
Tangkai kepala putik merupakan bagian putik yang biasanya berbentuk benang dan merupakan lanjutan bakal buah ke atas,tangkai kepala putik juga merupakan suatu bagian daun buah.Jika dibandingkan dengan tangkai sari, tangkai kepala putik ada yang lebih panjang, ada yang sama panjang, dan ada pula yang lebih pendek daripada tangkai sarinya.

F.         KEPALA PUTIK (Stigma)
Adalah bagian putik yang paling atas, yang terdapat pada ujung tangkai kepala putik. Bagian ini berguna untuk menangkap serbuk sari, jadi memiliki peranan penting dalam penyerbukan.
Bentuk kepala putik amat beraneka ragam, biasanya disesuaikan dengan cara penyerbukannya pada bunga yang bersangkutan:
  Ò  Seperti benang, misalnya pada jagung (Zea mays L.)  
  Ò  Seperti bulu ayam, pada bunga padi (Oryza sativa L.)
  Ò  Seperti bulu-bulu, pada bunga kecipir
  Ò  Bulat, pada bunga jeruk (Citrus sp.)
 Ò Bermacam-macam bentuk lain lagi, misalnya seperti bibir, seperti cawan, serupa daun mahkota, dst

G.       BAKAL BUAH (Ovarium)
Bakal buah adalah bagian putik yang membesar dan biasanya terdapat ditengah-tengah dasar bunga. Menurut letaknya terhadap dasar bunga dapat di bedakan sebagai berikut :
       Duduknya Bakal Buah



 Ò  Bakal buah menumpang (superus), jika bakal buah duduk di atas dasar bunga sedemikian rupa, sehingga bakal buah tadi lebih tinggi, sama tinggi atau bahkan mungkin lebih rendah daripada dasar bunga.
 Ò  Bakal buah setengah tenggelam (hemi inferus), yaitu jika bakal buah duduk pada dasar bunga yang cekung.
 Ò  Bakal buah tenggelam (inferus), seperti pada b tetapi seluruh bagian samping bakal buah berlekatan dengan dasar  bunga yang berbentuk mangkuk.
Jadi pada bunga-bunga itu terdapat
  1. daun-daun buah yang tidak berlekatan satu sama lain.Dalam hal yang demikian dikatakan bahwa bakal buah atau putiknya bersifat: apokarf (pistillum apocarpum.
  2. bakal buah terdiri atas beberapa daun buah yang berlekatan satu sama lain,maka bakal buah (putikya) dinamakan senokarp (pistillum coenocarpum).
  3. perlekatan daun –daun buah itu hanya merupakan satu putik dengan satu ruang saja,disebut parakarp (pistillum paracarpum)
  4. perlekatan daun-daun buah itu terbentuk putik dengan jumlah ruang yang sesuai dengan jumlah daun buahnya,maka bakal buah atau putik yang demikian itu dinamakan sinkarp (pistillum syncarpum).
Berdasarkan jumlah ruang yang terdapat dalam suatu bakal buah bakal buah dapat dibedakan dalam:
a. Bakal buah beruang satu (unilocularis), yaitu bakal buah yang beruang satu dapat tersusun atas satu daun buah saj, misalnya pada bunga papaya (Carica papaya)
b. Bakal buah beruang dua (biloculris), bakal buah ini biasanya tersusun atas dua daun buah.
c. Bakal buah beruang tiga (trilocularis), bakal buah ini terjadi dari tiga daun buah yang tepinya melipat ke dalam dan berlekatan.
d. Bakal buah berumah banyak (multilocularis), yaitu bakal buah yang tersusun atas banyak daun buah yang berlekatan dan membentuk sekat       

Sekat-sekat yang membagi bakal buah menjadi beberapa ruang dapat dibedakan dalam:
a.Sekat yang sempurna (septum completus), jika sekat ini benar-benar membagi bakal buah menjadi lebih daripada satu ruang .
Berdasarkan asalnya sekat itu,sekat yang sempurna dapat dibedakan menjadi dua macam:
  1. Sekat semu (Septum spurius), jika sekat ini berasal dari sebgaian daun buah yang melipat ke dalam  yang lalu berubah menjadi sekat misalnya pada durian (Durio zibethinus)
  2. Sekat asli (Septum), yaitu jika sekat tadi bukan merupakan sebagian daun buah. Misalnya bunga kecubung (Datura metel)
b.Sekat yang tidak sempurna (septum incompletus), jika sekat-sekat yang membagi bakal buah menjadi beberapa ruang, tetapi ruang-ruang itu masih ada hubungannya datu sama lain. 

H.      TEMBUNI (Placenta)
       Bagian bakal buah yang menjadi pendukung  bakal biji atau menjadi tempat duduknya bakal-bakal biji dinamakan TEMBUNI
Menurut letaknya, tembuni dibedakan dalam yang :
Ò  Marginal (marginalis), bila letaknya pada tepi daun buah,
Ò  Laminal (laminalis), bila letaknya pada helaian daun buahnya
   Untuk bakal buah yang hanya terdiri atas satu ruang, maka kemungkinan
   letak tembuninya adalah:
       - Parietal (parietalis), yaitu pada dinding bakal-bakal buah, yang jika diperhatikan              pula bagaimana letaknya pada daun buah, dapat dibedakan lagi dalam dua macam :




                     1.  Pada dinding di tepi daun buah (parietalis-marginalis),


2. Pada dinding di helaian daun buah (parietalis-laminalis


      - Sentral  (centralis atau axilis), yaitu di pusat atau di poros, bila te mbuni terdapat di         tengah-tengah rongga bakal buah yang beruang satu, biasanya berbentuk buluh atau             silinder dengan bakal-bakal bijinya menghadap kesegala jurusan (menghadap kearah           dinding bakal buah).




     - Aksilar (axillaris), yaitu disudut tengah, bila tembuni terdapat pada bakal buah yang          beruang lebih daripada dua dan tembuni tadi terdapat dalam sudut pertemuan daun-          daun buah yang ditinjau letaknya pada daun buah yang melipat kedalam dan                      merupakan sekat-sekat bakal buah.

                                                            


=================================================================================

  KEGIATAN DISKUSI


Pertanyaan dan Jawaban
   1). Pada tumbuhan yang kelaminnya berumah dua bagai mana cara penyerbukannya?
        Jawab :
        Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Pada tumbuhan             yang kelaminnya berumah dua bisa dilakukan penyerbukan dengan beberapa cara               yaitu :         1.  Penyerbukan dengan bantuan hewan atau zoidiogami, terjadi pada bunga                     mawar,melati dan durian. Hewan yang biasa membantu penyerbukan yaitu                         serangga siput, burung dan kelelawar.                    
              Ciri-ciri bunganya adalah:                     - Warna mahkota bunga mencolok dan besar
                     - Bunga berbau khas
                     - Bunga memiliki kelenjar madu
                     - Serbuk sari bunga lengket
                     - Kepala putik agak tersembunyi
                     - Mahkota bunga berukuran kecil dan tidak berwarna.
                     - Serbuk sari kering, ringan, dan banyak.       
                     - Tidak berbau dan tidak berkelenjar madu
                     - Kepala putik terjulur keluar.
       2.Penyerbukan dengan bantuan air atau hidrogami, terjadi pada tanaman air                    seperti hydrilla.
      3. Penyerbukan dengan bantuan angin atau anemogami, terjadi pada padi, jagung,           gandum, dan rerumputan. Ciri-ciri tanamannya adalah:
      4. Penyerbukan dengan bantuan manusia atau antropogami, terjadi pada tanaman             vanili.
         Sedangkan jika  serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga lain yang berbeda jenis       tanamannya, dan hanya dapat dilakukan pada tumbuhan yang masih dekat hubungan             kekerabatannya, jenis penyerbukannya dinamakan penyerbukan bastar. Misalnya serbuk       sari cabai jatuh pada putik tomat atau  sebaliknya.
  2). Pada Jagung, alat kelamin betina terletak dimana dan apakah rambut-rambut pada             jagung bagian tongkolnya disebut bunga?
     Jawab :
     Jagung merupakan tumbuhan yang termasuk Berumah satu (monoecus), yaitu tumbuhan      yang mempunyai bunga jantan dan bunga betina pada satu individu (satu batang                  tumbuhan). Alat kelamin jantan pada jagung letaknya berada di bagian atas sedangkan        alat kelamin betinanya berada di bagian bawah yang tersusun pada tongkolnya. Bunga          pada jagung memang ada ketika jagung masih dalam keadaan kuncup. Setelah                    mengalami   proses penyerbukan barulah tumbuh bulir jagung yang pada ujung                    tongkolnya terdapat rambut-rambut.
3). Jelaskan mengenai perlekatan letak tembuni !
     Jawab :
    Tembuni merupakan bagian bakal buah yang menjadi pendukung  bakal biji atau menjadi     tempat duduknya bakal-bakal biji.
    Menurut letaknya, tembuni dibedakan dalam yang :
1. Marginal (marginalis), bila letaknya pada tepi daun buah,
2. Laminal (laminalis), bila letaknya pada helaian daun buahnya
   Untuk bakal buah yang hanya terdiri atas satu ruang, maka kemungkinan
   letak tembuninya adalah:
      - Parietal (parietalis), yaitu pada dinding bakal-bakal buah, yang jika diperhatikan               pula bagaimana letaknya pada daun buah, dapat dibedakan lagi dalam dua macam :
        1.Pada dinding di tepi daun buah (parietalis-marginalis)

                                     

           2. Pada dinding di helaian daun buah (parietalis-laminalis

                                   

   - Sentral  (centralis atau axilis), yaitu di pusat atau di poros, bila te mbuni terdapat di        tengah-tengah rongga bakal buah yang beruang satu, biasanya berbentuk buluh atau            silinder dengan bakal-bakal bijinya menghadap kesegala jurusan (menghadap kearah            dinding bakal buah).

                     

Aksilar (axillaris), yaitu disudut tengah, bila tembuni terdapat pada bakal buah yang         beruang lebih daripada dua dan tembuni tadi terdapat dalam sudut pertemuan daun-           daun buah yang ditinjau letaknya pada daun buah yang melipat kedalam dan                       merupakan sekat-sekat bakal buah.

                                                            



Tidak ada komentar:

Posting Komentar